HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN KOOPERATIF TIPE STAD

Mahmu’ddin Mahmu’ddin, Siti Halimah, Agustina Sri Moyowati

Abstract


Dari hasil penelitian hasil nilai t hitung sebesar 5,966 dengan taraf signifikan p sebesar 0,000 sehingga p < 0,05 atau t hitung > t tabel (5,966 > 1, 66600). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan kooperatif tipe STAD.


Keywords


STAD

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamzah B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta

Muhibbin Syah. (2013). Psikologis Belajar. Jakarta : Rajawali Pers

Oemar Hamalik. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharsimi arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : PT Bumi Aksara

Sulistyorini. (2007). Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta : TERAS

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Tukira Taniredja, dkk. (2014). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung : PT Remaja Rosdayakarya

http://ardiyaansarutobi.blogspot.co.id/2010/10/pengertian-definisi-modelpembelajaran.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.