PENERAPAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGATASI RENDAH DIRI SANTRIWATI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk membantu mengatasi rendah diri pada salah satu santriwati di SMP Darul Amin Sampit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah LR. Tempat penelitian di SMP Darul Amin Sampit. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terstruktur.. Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi rendah diri LR adalah 64,2% dan sesudah pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) rendah diri LR berkurang menjadi 14,2%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah Nur. (2011). Treatment Siswa Minder Melalui Pendekatan Rational Emotive Therapy (Studi Kasus Siswa Di Smp Siman Jaya Sekaran-Lamongan). Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya
Gantina Komalasari, Eka Wahyuni & Karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Permata Putri Media
Ikhwan Winda Kurniawan. (2016). Konseling Keluarga Dengan Rasional Emotif Terapi Dalam Mengatasi Minder Pada Anak Di Desa Balonggebang Gondang Nganjuk. Undergraduate thesis, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufidatin Anifah. (2015). Implementasi Teknik Cognitive Restructuring Dalam Menangani Konsep Diri Rendah Pada Siswa X Di SMP Negeri 1 Ujungpangkah. Undergraduate thesis, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muhammad Qomaruddin. (2016). Bimbingan Dan Konseling Islam Dengan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Menangani Keterasingan Seorang Lesbi Di Semolowaru Surabaya. Undergraduate thesis, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nur Ilmi Fasih. (2014). Konsep -Konsep Dasar Rasional Emotif Behaviour Therapy. (digilib.uinsby.ac.id/584/3/Bab%202.pdf). Diakses tanggal 15 juni jam 22.30 WIB
Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.