PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP

Novianti Rahmawati, M. Qahfi, Ardian Mariyanto

Abstract


Penelitian merupakan upaya untuk mengetahui Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Sampit Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Di SMP Negeri 8 Sampit Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 100 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan sampel adalah teknik sampling jenuh, maka jumlah sampel adalah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar. Ditunjukkan oleh  hasil thitung > ttabel (2,733 > 1,660) dan sig < 0,05 (0,006 <  0,05) dengan koefisisen determenasi  (R2) sebesar 7,1%. Hal ini menunjukkan bahwa 7,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan 92,9% Prestasi Belajar Siswa dipengaruhi oleh faktor lain

Keywords


Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Nasahudin (2010) Dalam Penelitian Yang Berjudul: Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mts. Negeri Pagedangan. Skripsi, Tidak Diterbitkan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Amal A. A (2005: 132). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul (2005:110). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Drafindo Persaja.

Dwi Priyatno (2010: 73-87). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Drs. Slameto (2010 : 54). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Dyahnita Adiningsih (2012) dalam penelitian yang berjudul: Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akutansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akutansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Handoko Cahyandaru (2013) dalam penelitian yang berjudul: Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Man Yogyakarta II. Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Elektronika Falkutas Tehnik Universitas Negeri Yogyakarta .

Helmawati (2014: 199-205). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: Rosdakarya.

Isti Dwi (2012) dalam penelitian yang berjudul: Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Ips Siswa Kelas VIII A Smp Negeri I Kalikajar Kabupaten Wonosobo . Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Jevri Geovani (2013) dalam penelitian yang berjudul: Tingkat Kematangan Sosial Pada Siswa Kelas Xi Anggota Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smk Negeri1 Cangkringan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, tidak diterbitkan Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Maulydia Nina Rakhmawati (2013). dalam penelitian yang berjudul: Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Kealian Tehnik Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih. Skripsi, tidak diterbitkan. Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta .

Mera Rizkina (2013) dalam penelitian yang berjudul: Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Diskusi Kelompok Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 19 Semarang. Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang.

Muhammad Harizka Rahmanto (2011) dalam penelitian yang berjudul : Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, Skripsi, tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan

Muhibbin Syah (2010: 144–156) Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhamad Fahrudin (2013) dalam penelitian yang berjudul: Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 2 Purworejo. Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Akutansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mustaqim Dan Abdul Wahib (2010:63). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo Nugroho (2015) dalam penelitian yang berjudul: Hubungan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 10 Padang. Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan Jakarta: Kencana.

Sukardi (2010:166) Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suryosubroto (2005:111). Tatalaksana Kurikulum. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Suharsimi Arikunto (2006:131). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prktik. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Suharsimi Arikunto (2009:160-178). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Suharsimi Arikunto (2010:76). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Sugiyono (2010:61-334). Motode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2013:14-124). Motode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tommi dan Wiratna (2006:55-103). SPSS untuk paramedis. Magelang: Ardana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.