PENINGKATAN PEMAHAMAN POTENSI DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN PRIBADI PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA N 1 CEMPAGA TAHUN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman potensi diri siswa kelas XI IPA 2 melalui layanan informasi bidang bimbingan pribadi di SMA N 1 Cempaga tahun pelajaran 2015/2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Cempaga tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan pemahaman potensi diri siswa kelas XI IPA 2 melalui layanan informasi bidang bimbingan pribadi di SMA N 1 Cempaga Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala pemahaman potensi diri siswa, sedangkan metode yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t-test dengan teknik paired sample t-test.Hasil analisis diperoleh nilai thitung =10,361 >ttabelpada signifikansi 5% yaitu 2,0322. Ini berarti ada peningkatan pemahaman potensi diri siswa melalui layanan informasi bidang bimbingan pribadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suharsimi Arikunto. (2010). Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Abu Daud. (2010). Bimbingan pribadi.http//abudaud2010.blogspot.com (1 September 2015).
Sri Habsari. (2005). Bimbingan & Konseling SMA kelas XI. Jakarta: Grasindo.
Yusup Purnomo Hadiyanto & Renita Mulyaningtyas (2007).Bimbingan danKonseling Untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Ifdil. (2008). Layanan Informasi (L2).http://Konselingindonesia.com (1 September 2015).
Udo Yamin Efendi Majdi. (2007). Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media.
Fuad Nashori. (2003). Potensi-Potensi Manusia. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Achmad Juntika Nurihsan. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.
Endra K Prihadhi. (2004). My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Budi Purwoko. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Widianto Setiono & Ayah Edi.(2009). Apakah Anda Ingin Menemukan PotensiAnak Anda Sejak Dini. Jakarta: Grasindo.
Sugiharso, Sugiyono, Gunawan & Karsono.(2009).PendidikanKewarganegaraan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen PendidikanNasional.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Marina Sulistiana. (2010). Pengembangan Potensi Diri.(www.pdfssearch.com. diakses tanggal 2 September 2015).
Dewa Ketut Sukardi. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan danKonseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Sunar P. (2010). Edisi Lengkap Tes IQ, EQ & SQ. Yogjakarta: FlashBooks.
Raja Bambang Sutikno. (2010). The Power Of 4Q For HR And CompanyDevelopment. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mita Rosetta Taufik. (2010). Step By Step Menganalisis Karakter & PotensiMelalui Tulisan Tangan.Jakarta: PT Tangga Pustaka.
Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang.(1993). Bimbingan KonselingSekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Winkel & Sri Hastuti. (2006). Bimbingan Dan Konseling Di InstitusiPendidikan. Yogjakarta: Media Abadi.
Slamet Wiyono. (2006). Managemen Potensi Diri. Jakarta: PT Grasindo.
Hery Wibowo. (2007). Fortune Favor the Ready. Bandung: OASE Mata Air Makna.
Syamsu Yusuf& Achmad Juntika Nurihsan.(2010). Landasan Bimbingan danKonseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.