EFIKASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA DI STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Efikasi Diri terhadap Indeks Prestasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Muhammadiyah Sampit. (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Indeks Prestasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Muhammadiyah Sampit. (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik secara bersama-sama terhadap Indeks Prestasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Muhammadiyah Sampit.
Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sampit Program Studi Pendidikan Ekonomi semester 2, 4, dan 6 yang berjumlah 165 mahasiswa dan diambil sebagai sampel sebesar 30% yaitu 51 mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda adalah: (1) Tidak ada Pengaruh Efikasi Diri terhadap Indeks Prestasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Muhammadiyah Sampit. (2) Tidak ada Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Indeks Prestasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Muhammadiyah Sampit. (3) Tidak ada Pengaruh Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik secara bersama-sama terhadap Indeks Prestasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Muhammadiyah Sampit.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia Kurnianing Putri. (2014). Pengaruh locus of control dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
B. R. Hergenhahn, & Matthew H. Olson. (2008). Theories Of Learning. Jakarta: Kencana.
Dina Husnia. (2015). Hubungan Prokrastinasi Akademik terhadap Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2011 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Dinn Wahyudin, dkk,. (2011). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jayadi, dkk,. (2014). Panduan Akademik Tahun 2014/2015. Sampit: STKIP Muhammadiyah Sampit.
Jess Feist, Gregory J. Feist, & Tomi Ann Roberts. (2017). Teori Kepribadian Theories Of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.
Maria Regina Ayu Wulandari. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma). Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
M. Nur Ghufron, & Rini Risnawita S. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muhibbin Syah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulafi Janatin. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sd Se-Gugus II Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rista Febiyanti Wibowo. (2014). Self Efficacy dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Vol.3 No.1, 1 - 11
Robertus Pabiban. (2007). Hubungan Efikasi Diri dan Prestasi Akademik. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Sugiyana. (2015). Pengaruh Self-Regulated Learning, Self-Efficacy dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Psikopedagogia, Vol. 4, No.1, 1 - 10
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.
S. Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.