PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 2 SAMPIT

Fatimah Setiani, Jayadi Jayadi, Sandra Setyaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar Siswa Pada kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sampit tahun pelajaran 2015/2016.

            Populasi dalam penelitian ini seluruh Siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sampit sebanyak 195 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 49 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan uji hipotesis diolah dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sampit Tahun Pelajaran 2015/2016. Besarnya pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa adalah 17 % dan sisanya sebesar 83 % diperoleh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Keywords


Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono 2013. Psikologi belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Ashef Fiqo Failasuf. 2013. Pengaruh perhatian orang tua siswa, kebiasaan belajar, dan nilai UAN terhadap prestasi matapelajaran teori permesinan kelas 1 SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. (http://eprints.uny.ac.id/10342/1/artikell.pdf). Diakses 24 Agustus 2015.

Ayu Zumaroh Khasanah. 2013. Meningkatkan motivasi belajar siswa Underachiever melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SD Negeri pekunden Semarang. Skripsi. (http://lib.unnes.ac.id/17327/1/1301408058.pdf). Diakses 24 Agustus 2015.

Budiyono. 2012. Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar (Studi kasus pada kelas IV MI Miftahul falah dusun gayam desa kadirejo kecamatan pabelan kabupaten Semarang). Skripsi. (http://lib.unnes.ac.id/17497/1/7101409120.pdf). Diakses 24 Agustus 2015.

Dedy Rahmadi. 2014. Pengaruh perhatian orang tua terhadap pembentukan moral siswa di SMK Muhammadiyah Sampit. Skripsi. STKIP Muhammadiyah Sampit: Kalteng.

Eni Purwanti. 2014. Pengaruh kecerdasan emosi terhadap kepribadian siswa di SMP Negeri 9 Sampit. Skripsi. STKIP Muhammadiyah Sampit: Kalteng.

Hamzah B. Uno, 2014. Teori motivasi dan pengukuranya. Bumiaksara: Jakarta

Ryna Resnawati. 2011. Peranan bimbingan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di SMP Islam Parung Bogor. Skripsi. (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1793/1/103035-RYNA%20RESNAWATI-FITK.pdf). Diakses 24 Agustus 2015.

Rusliandi. 2014. Pengaruh persepsi siswa tentang layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa semester II di SMK Negeri 1 Sampit. Skripsi. STKIP Muhammadiyah Sampit: Kalteng.

Sardiman A.M. 2014. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. PT Bumi Aksara.

Sekar Mustikasari. 2013. Pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 9 Semarang. Skripsi. (http://lib.unnes.ac.id/17497/1/7101409120.pdf). Diakses 19 Agustus 2015.

Sumadi Suryabrata. 2014. Psikologi pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sukardi. 2012. Metodologi penelitian pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.