TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KARAKTERISTIK DOSEN DI STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Karakteristik Dosen tipe big five faktor yaitu Ekstraversi, Keramahan, Kesadaran, Neurotisme dan Keterbukaan dalam Proses Belajar Mengajar pada Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Muhammadiyah Sampit
Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 4 kelas malam Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit yang berjumlah 28 orang. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Varian Satu Jalur (One Way Anova)
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kepuasan mahasiswa terhadap karakteristik dosen tipe Extraversion (Ekstraversi), Conscientiousness (Kesadaran), Neuroticism (Neurotisme) dan Openness to experience (Keterbukaan). Hal ini ditunjukan oleh nilai Fhitung >Ftabel ; 3.364 > 2.26 dengan nilai signifikan p = 0.020 < 0.050 sehingga Ha diterima. Perbedaan kepuasan mahasiswa yang signifikan yaitu terhadap karakteristik Extraversion (Ekstraversi) dengan karakteristik Conscientiousness (Kesadaran). Dari hasil teknik analisa data tersebut diketahui bahwa karakteristik Extraversion (Ekstraversi) memiliki kepuasan yang paling tinggi dibandingkan karakteristik lain, kepuasan yang kedua yaitu terhadap karakteristik Openness to experience (Keterbukaan), kepuasan ketiga terhadap karakteristik Neuroticism (Neurotisme), dan kepuasan yang keempat yaitu terhadap karakteristik Conscientiousness (Kesadaran)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alinda Hatikarini. (2016). Analisis Perbandingan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Pengiriman Paket di PT. POS Indonesia (Persero) dan JNE Kota Serang.Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Effendi M. Guntur.(2010). Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Feist, Feist, and Roberts. (2017). Teori Kepribadian (Theory Of Personality). Jakarta: Salemba Humanika
Hasan Fauzi. (2010). Pengaruh Kemampuan Jarimatika™ Dan Tingkat Penggunaan Jarimatika™ Terhadap Konsep Diri Matematika Siswa Di Jarimatika™ Center Yogyakarta.Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kartika Putri. (2017). Perilaku Belajar pada Mahasiswa yang Mengalami Insomnia.Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Nar Herrhyanto dan Akib Hamid.(2010). Statistika Dasar.Jakarta: Universitas Terbuka
Okta Erlina. Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan pada “Program Acara Pasar Klithikan Jogja TV” dengan di “Pasar Klithikan Pakuncen”.Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Popi Sopiatin. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rahman Bagus Ramadhan. (2015). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Provider Seluler Sebagai Konsumen Atas Promo yang Dikeluarkan Oleh Pelaku Usaha Melalui Media Iklan di PT. Indonesian Satelite.Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Jendral Soedirman.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata. (2010). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.
Ujam Jaenudin. (2012). Psikologi Kepribadian. Bandung: CV. Pustaka Selatan
Yuni Ana Iaga Praticha. (2013). Analisis Kepribadian Dosen Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Jember.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.