MOTIVASI MENYELESAIKAN SKRIPSI MAHASISWA YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA

Apuanor Apuanor, Sudarmono Sudarmono, Mukhtar Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaanmotivasi menyelesaikan skripsi antara mahasiswa yang bekerja denganmahasiswa yang tidak bekerja. Data dikumpulkan dengan skala motivasi menyelesaikan skripsi. Data dianalisis menggunakan teknik Uji-t. Hasil analisis uji-t diperoleh Hasil uji t dengan nilai >  (4,706 > 2,021) dan signifikansi diperoleh P value (0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi menyelesaikan skripsi yang sangat signifikan antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja. Motivasi mahasiswa yang bekerja lebih rendah dibanding yang tidak bekerja dengan perbedaan rata-rata sebesar 8,44 dan perbedaan berkisar antara 4,82 sampai 12,03.


Full Text:

PDF

References


Dalyono. (2009). Psikkologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta (http://fpsi.mercubuanayogya.ac.id). Diakses 22 Agustus 2015.

Hadi Purwanto. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Tidak Bekerja Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. (ejournal.unp.ac.id). Diakses 20 Juni 2015

Hamzah, B. Uno. 2009. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Haryono. 2013. Artikel Contoh Proposal Skripsi dan Tesis. (http://belajarpsikologi.com) Diakses 27 September 2015

Martin Handoko, (2006). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.

NERACA. 06/09/2014. Siapkah Lulusan Sarjana Hadapi Tantangan MEA?. (http://www.neraca.co.id). Diakses 22 Agustus 2015.

Nidya Dudija. 2011. Perbedaan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Mahasiswa Yang Tidak Bekerja Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Bandung. (journal.uad.ac.id). Diakses 20 Juni 2015.

Nur Amalia. 2012. Psikologi Umum II. (http://nur-amalia-fpsi12.web.unair.ac.id). Diakses 19 Juni 2015.

Panji Anoraga. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta : Rineka Cipta Peraturan-Diknas/UU-Sisdiknas.(http://endang965.wordpress.com). Diakses 27 September 2015

Poerwadarminta. W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Rola & Daulay. 2011. Jurnal Perbedaan Self Regulated Learning antara Mahasiswa yang Bekerja dan Tidak Bekerja.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

UPT STKIP Muhammadiyah Sampit. 2015. Panduan Penyusunan dan Penulisan Skripsi. Sampit: STKIP Muhammadiyah Sampit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.