TEKNIK PEMBALIKAN KONSELING GESTALT PADA SISWA INTROVERT
Abstract
Permasalahan kepribadian sangat erat kaitannya dengan diri seseorang, seperti halnya sifat introvert. Jika sifat introvert dimiliki seseorang maka akan menyebabkan dirinya menjadi seseorang yang pendendam, tidak bisa menjalin hubungan dengan orang lain dan akan susah berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi anak yang memiliki sifat introvert dengan menerapkan model konseling Gestalt dengan teknik pembalikan. Pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakanmetode kualitatif deskriptifdengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model konseling Gestalt dengan teknik pembalikan berhasil mengubah siswa yang memiliki sifat introvert. Adanya penurunan sifat introvert dari kategori tinggi menjadi kategori rendah setelah melaksanakan konseling individual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gantina Komalasari; Eka Wahyuni, Karsih. (2016). Teori dan teknik konseling. Jakarta: Indeks.
Gantina Komalsari; Eka Wahyuni; Karsih. (2016). teori dan teknik konseling , 285.
Hidayat, D. R. (2015). Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor: Ghalia, Indonesia.
Komalasari, G. (2016). teori dan teknik konselling , 291.
Nursyahrurahmah. (2017). Jurnal copy. Hubungan antara kepribadian introvert dan kelekatan teman sebaya dengan kesepian remaja SMK Negeri 1 Kota Bima , 2.
Zubaidah, C. (2016). Hubungan Kepribadian Introvert dengan Komunikasi Verbal Siswa Kelas I SMA Negeri Kademangan Blitar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.