LAYANAN CYBERCOUNSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA DARURAT COVID-19
Abstract
Layanan cybercounseling dirasa sangat cocok untuk menjangkau para peserta didik yang membutuhkan bantuan, karena tidak sedikit para peserta didik mengalami problematika saat belajar daring di masa pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini adalah tentang problematika yang dihadapi peserta didik selama pembelajaran daring, dan tentang cybercounseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam upaya mengatasi problematika yang dialami peserta didik tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian adalah peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotawaringin Timur berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara cybercounseling melalui aplikasi What’s App saat konseling dilakukan, dan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Problematika yang dihadapi peserta didik selama pembelajaran di masa darurat Covid-19 cukup beragam, mulai dari faktor internal maupun faktor internal. Kehadiran cybercounseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling memberikan makna yang cukup berharga bagi peserta didik demi memfasilitasi peserta didik agar mampu melakukan perubahan tingkah laku, mengkonstruksi pikiran, mengembangkan kemampuan mengatasi situasi kehidupan di masa pandemi ini, membuat keputusan yang bermakna bagi dirinya, dan menyukseskan belajar para peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi Fa’izzarahman Prabawa; M. Ramli; Lutfi fauzan. (2018). Pengembangan Website Cybercounseling Realita untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 59-68.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 281-288.
Budianto, Alexius Endy; Hidayah, Nur; Aziz, Abdul. (2019). Aplikasi Cyber Counselling dengan Mengoptimalkan Whatsapp Berbasis Komputasi Mobile. Kurawal; Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri , 2(2), 182-193.
Fahyuni, E. F., Akbar, D., Hadi, N., Haris, M. I., & Kholifah, N. (2020). Model aplikasi cybercounseling Islami berbasis website untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 93-104.
Kirana, D. L. (2019). Cyber Counseling sebagai Salah Satu Model Perkembangan Konseling bagi Generasi Milenial. Al-Tazkiah, 51-63.
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 76-87.
Lucia Hernawati; Djuniadi. (2016). Layanan Cybercounselling; Sebuah Alternatif Layanan untuk Menyelesaikan Sebuah Masalah. Psikodimensia; Kajian Ilmiah Psikologi, 175-187.
Nakhma’ussolikhah. (2017). Studi tentang Penggunaan Cybercounseling untuk Layanan Konseling Individual Bersama Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling UNU Cirebon. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 28-43.
Rudi Haryadi; Fauziatin; Khairunisa. (2020). Peran Chat Gorup dalam Mengoptimalkan Layanan Bimbingan dan Konseling Online Kelompok di Abad 21. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 13-18.
Sukoco KW; M. Arif Budiman S. (2019). Konseling Individual Melalui Cyber Counseling Terhadao Pembentukan Konsep Diri Peserta Didik. Jurnal Bikotetik, 6-10.
Sutijono; Dimas Ardika Miftah Farid. (2018). Cyber Counseling di Era Generasi Milenial. Sosio Humanika; Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 19-32.
Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE: Elementery School Education Journal, 100-115.
Yunita Prahesti; Bambang Dibyo Wuwono. (2017). Pengembangan Website Konseling Online untuk Siswa di SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal BK Unesa, 144-154.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.