PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPSs di kelas VII SMP Negeri 9 Sampit. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, antara lain observasi, wawancara dan tes. Kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: nilai rata-rata dari pra tindakan, siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata prestasi pada kegiatan pra tindakan ialah mencapai 69. Nilai rata-rata prestasi post test pada siklus I mencapai 72. pada siklus II nilai rata-rata prestasi post test yaitu 77. nilai rata-rata prestasi post test pada pra tindakan, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan. Persentase keberhasilan siswa dalam pra tindakan, siklus I maupun siklus II juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 24 dalam siklus I meningkat menjadi 27 dan dalam siklus II kembali meningkat menjadi 32 siswa.
Full Text:
PDFReferences
Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijaya Kusuma. 2007. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.
Supriatna. 2008. Konsep dasar IPS. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Azhar Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.