PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR

Agus Heriyanto, Fatimah Setiani, Septalia Rahmadhany

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu  tidak ada pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex-postfacto, sedangkan jumlah populasinya sebanyak 61 siswa dari seluruh kelas V dengan sampel yang diperoleh sebanyak 61 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampel Jenuh.

Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung -1,063 dan signifikansi yang di peroleh yaitu 0,292 (p ≤ 0,05). Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,019 yang memiliki arti bahwa dalam penelitian ini pola asuh orang tua memiliki pengaruh sebesar 0,019 atau 1,9% terhadap perkembangan moral. Hal tersebut membuktikan bahwa pola asuh orang tua tidak  memiliki pengaruh yang positif terhadap perkembangan moral pada siswa kelas siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017, dengan demikian hipotesis ditolak .


Full Text:

PDF

References


Aliah B. Purwakania Hasan (2008) Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Awang Kuncoro A. S (2015). Pola Asuh Orang Tua Dalam Bimbingan Moral Anak Usia Prasekolah. Skripsi Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dian Ibung (2009) Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak, Jakarta: Elex Media Komputindo

Retno Dwiyanti (2013). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak. Prosiding Seminar Nasional Parenting. Purwokerto

Saifuddin Azwar (2011) Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Singgih D. Gunarsa dan Yulia Singgih D. Gunarsa (2008) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri D. (2014) Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.

Yudrik Yahya (2011) Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.