PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu tidak ada pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex-postfacto, sedangkan jumlah populasinya sebanyak 61 siswa dari seluruh kelas V dengan sampel yang diperoleh sebanyak 61 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampel Jenuh.
Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung -1,063 dan signifikansi yang di peroleh yaitu 0,292 (p ≤ 0,05). Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,019 yang memiliki arti bahwa dalam penelitian ini pola asuh orang tua memiliki pengaruh sebesar 0,019 atau 1,9% terhadap perkembangan moral. Hal tersebut membuktikan bahwa pola asuh orang tua tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap perkembangan moral pada siswa kelas siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017, dengan demikian hipotesis ditolak .
Full Text:
PDFReferences
Aliah B. Purwakania Hasan (2008) Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Awang Kuncoro A. S (2015). Pola Asuh Orang Tua Dalam Bimbingan Moral Anak Usia Prasekolah. Skripsi Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dian Ibung (2009) Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak, Jakarta: Elex Media Komputindo
Retno Dwiyanti (2013). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak. Prosiding Seminar Nasional Parenting. Purwokerto
Saifuddin Azwar (2011) Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Singgih D. Gunarsa dan Yulia Singgih D. Gunarsa (2008) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: PT BPK Gunung Mulia
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Syaiful Bahri D. (2014) Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.
Yudrik Yahya (2011) Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.