KESIAPAN BELAJAR SISWA MENJALANI SEKOLAH LIMA HARI DI KOTA SAMPIT
Abstract
Untuk menjalani sekolah lima hari perlu adanya kesiapan belajar dari siswa yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa menjalani sekolah lima hari di SMP Negeri 1 Sampit. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 1 kelas 8 Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 278 siswa dan diambil sebagai sampel sebesar 72 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa menjalani sekolah lima hari di SMP Negeri 1 Sampit memiliki kategori tinggi dengan persentase 23,61%, kategori sedang dengan persentase 62,50% dan kategori rendah dengan persentase 13,89%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Erna Sasmita. (2013). Pengaruh Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar dan Manajemen Waktu Terhadap Motivasi Belajar Mata Diklat Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Semarang. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang.
Eva Utami. (2017). Analisis kepercayaan diri menyampaikan pendapat dalam diskusi pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit tahun akademik 2016/2017. Skripsi, tidak diterbitkan, STKIP Muhammadiyah Sampit.
Nurhoiriyah. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar, Sikap Pada Mata Pelajaran, Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah dan Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Lampung.
Pemerintah Indonesia. (2017). Permendikbud No. 23 Tahun 2017 Yang Mengatur Tentang Sekolah Lima Hari.
Ridwan. (08 Agustus 2017). MUI Banyumas Ingatkan Dampak Lima Hari Sekolah. Republika.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.