KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 11 SAMPIT
Abstract
Aktivitas belajar siswa seringkali mengalami kesulitan belajar dari faktor internal dan eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas viii di SMP Negeri 11 Sampit tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas viii di SMP Negeri 11 Sampit disebabkan oleh faktor internal dan eksternal siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Derek Wood.2009. Kiat mengatasi gangguan belajar. Jogjakarta: Katahati.
Laeli Rizha Fathonah.(2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Smp Negeri 1 Secang Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 28-11-2017.
Muhibbin Syah.2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sofiana Fuada.(2014). Faktor Kesulitan Belajar Ips Di Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus V Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 26-04-2018.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto.2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). 2011. Jakarta: SL Media.
Wahyudi.(2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas Viii Smp Negeri 14 Pontianak. Diakses pada pada tanggal 30-04-2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.