MENGATASI MOTIVASI BELAJAR RENDAH SISWA DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL
Abstract
Motivasi sangat penting di dalam diri siswa untuk meningkatkan minat belajar. Kenyataannya ada siswa yang memang memiliki motivasi rendah dalam belajarnya dimana berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar rendah di MA Nurul Ummah Sampit dengan menerapkan pendekatan Behavioral. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar rendah. Subjek penelitian ini adalah salah satu peserta didik kelas XII di MA Nurul Ummah Sampit. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk teknik pemeriksaan kebenaran data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Behavioral berhasil meningkatkan motivasi belajar rendah. Adanya peningkatan motivasi peserta didik dari kategori rendah menjadi kategori tinggi setelah melaksanakan konseling individual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aritonang, K. T. (2008). minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 14.
Danar, V. F. (2012). hubungan antara motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa dengan prestasi belajar siswa kelas x kompetensi keahlian teknik audio video smk ma'arif 1 wates. 13.
Gantina Komalasari, Eka Wahyuni dan Karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. 141.
Komalasari, G. (2016). teori dan teknik konseling. 152.
Komalasari, G. (2016). teori dan teknik konseling. 153.
Probo, Yuni Wiragil. (2016). konseling behavior dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah di SMP Muhammadiyah 2 Milati Sleman Yogyakarta. 12.
Rosita, Y. (2008). Pelaksanaan konseling behavioral dalam mengatasi phobia kucing seorang klien di rasamala 2 menteng dalam tebet jakarta selatan. 17.
Sanyata, S. (2012). teori dan aplikasi pendekatan behavioristik dalam konseling . 5.
Setiowati, Y. (2017). penggunaan konseling teknik reinforcement positif dalam meningkatkan sikap dan kebiasaan belajar pada siswa kelas viii di mts pelita gedong tataan tahun pelajaran 2015/2016 . 46.
Tapantoko, a. a. (2011). penggunaan metode mind map (peta pikiran) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas viii smp negeri 4 depok. 20.
Wijayanto, S. (2013). keterampilan penguatan (reinforcement skill) sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar ips pada siswa sd kelas v sd negeri 1 . 31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.