PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

M. Qahfi, Novianti Rahmawati, Tyty Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan Motivasi Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotawaringin Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotawaringin Timur sebanyak 256 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan sampel adalah teknik proportional random sampling sebanyak sampel 80 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan Motivasi Kerja Guru secara bersama-sama terhadap Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,465 < 3,11.


Keywords


Persepsi siswa tentang Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja Guru, Hasil

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tentang Guru Dan Dosen. (2005).

Adeyemi. (2011). Principals’ Leadership Styles and Teachers’ Job Performance in Senior Secondary School in Ondo State, Nigeria. Journal of Economic Theory, Departemen of Education Foundations and Management, Uiversity of Ado- Ekiti, 84-92.

Ahmadi, R. (2018).

Ardana, M. &. (2012 :193).

Bloom. (2013:15-16).

Imam, W. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru strategi Praktis.

Janawi. (2012). Kompetensi Guru (Citra Guru Profesional).Bandung:Alfabeta.

Jihad, S. d. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Mudjiono, D. d. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Metode-Metode Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Shukla, S. (2014). Teaching Competency, Professional Commitment and Job Satisfaction A Study of Primer School Teacher. Jurnal of Research and Method in Education, 44-64.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sondang, P., & Janawi. (2012). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Suhana, H. d. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.