PELAKSANAAN TEKNIK EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan teknik evaluasi pendidikan agama Islam. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur. Berdasarkan hasil pembahasan, evaluasi terdiri dari pengukuran dan penilaian. Dalam konteks pembelajaran, evaluasi memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis, karena termasuk dalam langkah-langkah pembelajaran. Tujuannya untuk mengetahui efektivitas dan efesiensi sistem pembelajaran. Secara umum, prinsip evaluasi terdiri dari kontinuitas, komprehensif, adil, objektif, kooperatif, dan akuntabilitas. Dipandang dari jenisnya, evaluasi pembelajaran terdiri dari evaluasi perencanaan, pengembangan, monitoring, dampak, efesiensi, dan program komprehensif. Ditinjau dari objeknya, evaluasi pembelajaran meliputi input, transformasi, dan output. Adapun dari subjeknya ialah pendidik, petugas yang telah dibina, bahkan peserta didik pun bisa mengevaluasi diri sendiri. Dari segi tekniknya terdiri dari tes dan non tes. Pelaksanaan teknik tes pembelajaran Pendidikan Agama Islam mesti dilakukan secara kontinuitas, konprehensif, dan terintegrasi. Dengan demikian, pendidik Pendidikan Agama Islam harus mampu mengevaluasi perkembangan peserta didik mencakup aspek, aqliyah, qolbiyah, dan amaliyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsif Teknik Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakaraya
Creswell, J. W. (2010). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar, Yrama Widya
Eko Putro Widoyoko. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Laila Hamidah. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka, Tarbiyah: Jurnal Ilmia Kependidikan e-ISSN:2548-8376 Vol. 8 No. 2 Juli-Desember
Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan: Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan di Sekolahâ, Malang: UIN-Maliki Press.
Putra, S.R. (2013). Desain Evaluasi Berbasis Kinerja, Yogyakarta: Diva Press.
Sawaluddin, Muhammad Sidiq. (2020). Langkah-langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal: PTK & Pendidikan, Vol 6 No, 1 Januari-Juni2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.