TINGKAT PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT GURU

Norhayatun Norhayatun, Muhamat Qahfi, Tri Mutho Alimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat penguasan Teknologi Informasi (TI)  terhadap kemampuan membuat media pembelajaran power point guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri  yang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh dengan jumlah responden 36 orang , pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner atau angker, dan teknik analisis data peneliti menggunakan Uji prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Linieritas), Persamaan Regresi Linier Sederhana, Uji Hipotesis (Uji t) dan Koefisien Determinasi ( ). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh nilai t hitung sebesar 6,914 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,000 sehingga p<0,05. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat penguasaan teknologi informasi terhadap kemampuan membuat media pembelajaran power point guru.


Keywords


Tingkat Penguasaan Teknologi Informasi, Media Pembelajaran Power Point

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Cet. Ketiga belas, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Cet. Kelima belas, Jakarta: Rineka Cipta.

Ashar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Qodrin, Nur Fahmi. (2011). Pengaruh Penggunaan Teknologi Infomasi Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Desi, Sri Lestari. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Depok Tahun Pelajaran 2010/2011 Pada Pokok Bahasan Jamur. Universitas Islam Negeri Kalijaga Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional 2003 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Pusat data dan Informasi Pendidikan Balitbang Depdiknas.

http:// materitekaje.blgspot.com/p/ kumpulan-matei.html?m-1. Diakses (25 April 2015)

Janner, Simartama. (2006). Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Edisi Ke-1. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Cet. 1 Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyanta, St. Leong Marlon. (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Univ. Atmaja Yogyakarta.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru Cet. Ke-1. Jakarta: GP Press Group.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai Cet Ke-9. (2010). Media Pengajaran. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Rudy Gunawan. (2011). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi Cet. Ke-1. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sutabri, Tata. (2014). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Ke-1. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Unp, Hamzah B. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B dan Nina Lamatenggo. (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Renika Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.